Beberapa Kasus Linieritas Pendidikan Bagi Dosen

Oleh: Urip Santoso

Kasus 1: Seseorang melamar untuk jadi dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia di suatu perguruan tinggi. Ijazah yang dimilikinya (S1 & S2) adalah Sastra Indonesia. Dalam kasus ini ia ditolak karena dinilai tidak linier.
Kasus 2: Seseorang mempunyai ijazah S1 Ilmu Ekonomi, S2 Manajemen, S3 Manajemen Pendidikan. Ia mengajar di Fakultas Ekonomi. Ketika ia mengajukan kenaikkan jabatan ke Guru Besar ia ditolak karena dinilai tidak linier, sebab judul-judul karya ilmiah yang ditulisnya adalah bidang manajemen bisnis. Ia dianjurkan untuk S3 lagi di bidang Manajemen, Fakultas Ekonomi atau ia pindah ke FKIP dengan catatan karya ilmiah yang diajukan nantinya adalah karya ilmiah di bidang manajemen pendidikan. Suatu pilihan yang sama-sama sulit.
Kasus 3: Seorang dosen mempunyai ijazah S1 dan S2 Ilmu Peternakan dan home basenya di Jurusan Peternakan. Ia sekarang menempuh S3 di Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan topik disertasinya berkaitan dengan manajemen ternak potong. Adakah ia nantinya dapat mengajukan ke jabatan guru besar? Kalau kita merujuk pada Surat Edaran Dikti no. 696/E.E3/MI/2014 point 2 b, maka dosen tersebut bisa naik ke jenjang guru besar asalkan ia mempunyai publikasi internasional yang serumpun dengan pendidikan S3-nya. Tentu saja publikasi yang lainnya juga harus sejalan dengan pendidikan S3-nya. Namun jika merujuk pada point 2a maka bisa jadi dosen tersebut akan mendapat hambatan untuk ke guru besar sebab antara Peternakan dan Ekonomi tidak serumpun. Sesungguhnya, jika kita melihat topik disertasinya maka dosen tersebut masih dapat dinyatakan bahwa ia dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pencapaian Capaian Pembelajaran Utama Lulusan Peternakan, atau bisa saya nyatakan bahwa dosen tersebut masih linier dengan S1, S2 dan Prodi tempat ia bekerja. Tapi adakah Dikti akan menganalisis sampai sejauh ini? Semoga!
Kasus 4: Seorang dosen S1nya Pendidikan Bahasa Indonesia, S2nya Kewiraan dan S3nya Pendidikan Lingkungan. Ia sudah Lektor Kepala dengan Golongan IV/c. Ia mengajar di FKIP. Bisakah ia naik jabatan ke guru besar? Kalau merujuk pada point 2a dan 2b, maka dosen tersebut masih ada peluang naik ke guru besar asalkan semua karya-karya ilmiah yang diajukannya adalah mengenai pendidikan lingkungan, dan ia bisa membuktikan bahwa kepakarannya sangat mendukung untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan.
Itulah beberapa contoh ilustrasi kasus. Inilah ketentuan yang dikeluarkan oleh Dikti melalui Surat Edaran no. 696/E.E3/MI/2014 sebagai berikut.
1) Pada penerimaan dosen baru dan pembukaan prodi baru
Linieritas bidang ilmu dosen memberikan makna bahwa disiplin ilmu yang dimiliki dosen yang akan berkarya pada sebuah program studi harus memiliki kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , dan ketercapaian Capaian Pembelajaran Utama Lulusan di prodi tempat berkarya.
2) Pada kenaikkan jenjang jabatan
a) Linieritas bidang ilmu dosen memberikan makna bahwa disiplin ilmu yang dimiliki dosen yang berkarya pada sebuah prodi yang pohon keilmuannya berbeda namun dalam satu rumpun yang sama, tetap dapat naik jenjang jabatan, sepanjang dapat menunjukkan keterkaitan dalam pengembangan keilmuan prodi tersebut, yang ditunjukkan oleh publikasi karya ilmiah dalam jurnal terakreditasi atau terindeks.
b) Dalam hal kenaikkan jabatan ke guru besar dimungkinkan apabila bidang pendidikan S1 dan S2 berbeda dengan pendidikan S3 yang ditekuninya, sepanjang dapat menunjukkan publikasi internasional serumpun dengan pendidikan akhir yang ditempuhnya dengan merujuk pada ketentuan yang berlaku.
3) Rujukkan pengelompokkan Rumpun Ilmu tercantum pasal 10 ayat 2 UU no. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Dengan demikian , linieritas dapat diartikan sebagai relevansi bidang ilmu dalam sebuah program pendidikan yang akan menunjang ketercapaian visi dan misi program studi tersebut.

255 respons untuk ‘Beberapa Kasus Linieritas Pendidikan Bagi Dosen

  1. pagi prof maaf saya S1 teknik elektro tapi mengajar MIPA saya melanjutkan pendidikan S2 mau ke pendidikan MIPA mohon pencerahan prof

    Suka

    • S1 dan S2 tidak linier. Memang ada kasus S1 dan S2 tidak linier bisa diterima jadi dosen. Nah, jika Anda mengajar di MIPA yang berarti bukan pendidikan maka sebaiknya ambil S2 MIPA (tergantung bidang ilmu yang saudara tekuni, misal fisika, biologi, kimia atau matematika). Jika Anda mengajar di Pendidikan MIPA berarti S2nya Pendidikan MIPA. thanks

      Suka

    • Asalamualaikum prof.
      Saya mau bertanya s1. Saya pendidikan biologi
      S2 saya pendidikan biologi dan saya mengajar di prodi pendidikan biologi. Namun s3 saya berencana mengambil Teknologi pendidikan.. itu bagaimana prof.. mohon arahan nya prof…

      Suka

      • Untuk bisa menjadi Prof maka minimal bidang ilmu S3 (pendidikan) selaras dengan karya ilmiah dan bidang penugasan (Prodi tempat bekerja). Oleh sebab itu, sebaiknya S3 nya Pendidikan Biologi. Jika ingin S3 Teknologi Pendidikan maka karya ilmiahnya harus Teknologi Pendidikan.

        Suka

      • Untuk Menjadi guru besar, minimal S3 (pendidikan) liniear dengan Bidang Penugasan (Prodi tempat bekerja), dan karya ilmiah. Oleh sebab itu sebaiknya S3 nya Pendidikan Biologi. Jika bermaksud S3 Teknologi Pendidikan maka karya ilmiah yang diajukan harus teknologi pendidikan.

        Suka

  2. Mau tanya Prof, saya S1 Akuntansi, S2 Akuntansi (konsentrasi akuntansi syariah), S3 Administrasi Publik, sebelum S3 saya ngajar akuntansi publik, akuntansi syariah, investasi, akuntansi nirlaba.

    Disertasi tentang akuntabilitas lembaga wakaf. Setelah S3 saya ngajar hal yang sama dan penelitian tentang sektor publik dan syariah. Aoakah ini linear? karena bidang sektor publik cukup luas. Apakah ada peraturan terbaru Dikti tentang liniearitas?

    Suka

  3. Mau tanya, jika s1 saya pendidikan akuntansi, kemudian s2 saya terlanjur ambil pendidikan ekonomi. apa masih bisa dikatakan linier ? terimakasih

    Suka

  4. maaf prof begini , saya S1 pendidikan akuntansi dan s2 saya dapat beasiswa tapi pendidikan ekonomi. sejujurnya saya bingung, s2 yang selinier dengan pendidikan akuntansi itu akuntansi nya apa pendidikan nya ? saya cari cari info , tidak ada prodi s2 pendidikan akuntansi, adanya s2 akuntansi dengan peminatan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi pendidik (saya baru tau hari ini kalo akuntansi ada peminatan akuntansi pendidik). sedangkan s2 pendidikan ekonomi juga ada peminatan pendidikan administrasi perkantoran, pendidikan akuntansi dan pendidikan tataniaga.
    dari kasus saya tersebut apakah s1 dan s2 saya linier prof ? dan kalo saya ingin lanjut s3 sebaiknya saya ambil prodi apa prof?

    mohon maaf atas banyaknya pertanyaan saya, dan terimaksih banyak prof atas jawabannya

    Suka

    • Yang linier sekali jika S2 juga pendidikan akuntansi. Untuk S3 saya sarankan ambil pendidikan ekonomi. Jika S3, tempat bekerja (Prodi) dan karya ilmiahnya linier, maka jika Anda dosen bisa mencapai jenjang guru besar.

      Suka

  5. Assalamualaikum..prof saya mau tanya, saya S1 Akuntansi dan s2 rencana Mau ambil Manajemen tapi manajemen keuangan..itu linear nggak..? misal untuk pengajuan JAFA bermaslah tidak..? terima kasih

    Suka

  6. maaf prof, sy mau bertanya. Sy dari prodi s1 pendidikan biologi dan saya ingin melanjutkan s2 biologi (murni). apakah masih dikatakan linier? Terima kasih prof

    Suka

  7. Assalamualiakum,
    Saya S1 FSM Kimia (S.Si) & S2 Ilmu Gizi (M.Gizi), sekarang saya mengajar di Prodi Gizi (prodi baru) yang akan akreditasi tahun ini. Apakah dengan gelar saya yang tidak liner akan menjadi permasalahan ?? Lalu jika iya, saya harus bagaimana agar tetap bekerja sebagai dosen ??
    Dimanakah saya mendapat jawaban pasti mengenai hal ini ?
    Teriamkasih
    email : tataoktavinaa@gmail,com

    Suka

  8. Salam hormat Prof,
    Ingin bertanya, sy S1 Pendidikan Bhs Inggris dan S2 Manajemen Pendidikan. Skrng sy mengajar di prodi pendidikan b.inggris dgn mengampu matakuliah kependidikan seperti Profesi Keguruan dan sejenisnya. (*berhubung tdk ada prodi manajemen pendidikan di kampus2 di daerah sy). Sy sgt tertarik dan menyukai hal yg berbau menajemen pndidikan, namun apakah jurusan sy tsb berpengaruh thdp karir sy kedepan prof?
    Jika sy lanjut S3 sebaiknya jurusan apa?
    Terimakasih. Salam.

    Suka

    • Salam. Menurut saya berpengaruh atas karir Anda. Sebaiknya mengajar di Prodi Manajemen Pendidikan. Jika lanjut ambil S3 Manajmen Pendidikan dengan catatan pindah ke Prodi Manajemen Pendidikan. thank

      Suka

    • Ada kasus seseorang diterima PNS sebagai dosen meski tidak linier. Cobalah melamar dosen manajemen. Nanti jika diterima ambil S3 manajemen. Akan tetapi jika belum S2, maka sebaiknya ambil S2 teknik elektro. thank

      Suka

  9. Assalaamualaikum Prof,

    Mohon izin bertanya,

    S1 saya Fisika MIPA
    S2 Teknik Industri dengan tesis : Strategi Pemasaran.
    Jika saya lihat mata kuliah yg saya ambil, bayang yang beririsan / sama /mirip dengan mata kuliah mata kuliah yang ada di magister manajemen.

    Apakah saya dapat mengajar dan home base di S1 Manajemen ?

    Suka

  10. Tanya prof, saya S1 Informatika, S2 Ilmu komputer, tapi skr S3 di Engineering; gabung di lab multidisipliner. riset arah aplikasi Informatika untuk engineering. apakah masih linear prof, dan bisa untuk naik ke guru besar?

    Suka

  11. Maaf Prof. saya S1 PGSD & S2 Tarbiyah Distingsi “Kepemimpinan Transformatif” apakah linear?
    Terus kalau mau lanjut S3 bagaimana, mohon pencerahannya.
    Kalau mau jadi dosen ngajarnya difakultas apa?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Prof.

    Suka

  12. Assalamualaikum prof saya mau nanya

    Saya background s1 dan s2 teknik lingkungan, keterima di prodi kesmas fakultas kedokteran untuk mengisi departemen kesehatan lingkungan, dan apakah itu masih linier dgn tempat kerja

    Dan apabila sy s3 saya mau s3 teknik lingkungan dengan konsentrsi keahlian kesehatan lingkungan, nah itu apakah masih linier prof, mohon pencerahan ?

    Suka

  13. maaf Prof mohon pencerahannya. Saya S1 (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, S2 (PAI) Distingsi Kepemimpinan Transformatif Fakultas Tarbiyah, Sekarang lanjut S3 Ilmu Pendidikan. Apakah linear atau serumpun? Sebelumnya Terima kasih Prof.

    Suka

  14. Assalamualaikum WrWb Prof.
    Mohon pencerahannya, sy S1 Meteorologi, S2 Matematika, S3 Ilmu Geografi.
    Semua penelitian sy dari S1 sampai S3 terkait dengan sebaran hujan dan semua karya tulis saya terkait dengan meteorologi. Apakah akan bermasalah jika mengajar Meteorologi?

    Suka

    • Apakah Anda seorang dosen? Jika iya, maka untuk bisa ke Guru Besar, semua karya ilmiah harus berkaitan dengan Keilmuan S3 Anda (Geografi) dan juga seharusnya Anda jadi dosen di Program Studi Geografi. Tks

      Suka

      • Di UGM meteorologi termasuk bagian ilmu geografi fisik Prof dan tidak ada jurusan meteo secara spesifik. Sedangkan di ITB masuk fakultas ilmu kebumian dan di IPB masuk fakultas MIPA, di kedua kampus tersebut menjadi satu jurusan tersendiri.

        Suka

  15. Maaf Prof, ingin bertanya. S1 Teknik Mesin Konsentrasi Konversi Energi, S2 Teknik Mesin Pertanian dan Pangan Konsentrasi Teknik Energi Terbarukan. Apakah masih bisa dikatakan linier ketika saya mengajar di Prodi Teknik Mesin?

    Suka

  16. Halo izin bertanya, apabila S-1 lulusan pendidikan biologi, dan bermaksud mengambil S-2 ilmu biomedis apakah bisa linier dan menjadi dosen ya?

    Suka

  17. Pak saya mau tanya, masih bimbang nih mw ambil S3
    S1 PAI lulus tahun 2011
    S2 MPI lulus tahun 2013
    Kembali kuliah lg S1 MPI lulus tahun 2020
    Saya ingin memilih S3 ilmu manajemen kosentrasi manajemen SDM atau Ilmu pendidikan, mhon arahanny pak..
    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan komentar